Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Penyebab Sakit Kepala Di Bagian Belakang, Jangan Disepelekan

sekayuweb.com - Sakit kepala di bagian belakang tak pernah gagal untuk membuat penderitanya merasa tidak nyaman, berat kepala, nyeri dan linu secara bersamaan. Banyak orang yang menganggap penyebab sakit kepala belakang itu akibat dari tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Padahal, sebenarnya penyakit ini tak selalu berhubungan dengan dua faktor tersebut.

Ternyata, ada banyak hal yang bisa jadi penyebab sakit kepala di bagian belakang. Ingin tahu apa saja penyebabnya? Yuk, simak pembahasannya.

Photo by Adrian Swancar on Unsplash

10 Penyebab Sakit Kepala Di Bagian Belakang, Jangan Disepelekan

1. Postur Tubuh yang Kurang Baik

Pakar kesehatan menyebut postur tubuh yang kurang baik seperti duduk dan berdiri dengan posisi membungkuk pada saat beraktivitas sehari-hari, dapat menyebabkan ketegangan pada area punggung dan leher. Hal ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak lancar dan tekanan gravitasi yang lebih besar di bagian kepala atau leher akibatnya timbul sakit kepala di bagian belakang.

2. Mengalami Masalah Pada Otot Leher

Jika bagian otot leher atau tulang pada leher sedang mengalami masalah, maka risiko untuk mengalami sakit kepala, termasuk sakit kepala pada bagian belakang akan meningkat. Selain itu, kita juga bisa mengalaminya akibat kejang atau spasm pada otot leher.

Jika leher mengalami cedera hingga masalah postur tubuh akibat kebiasaan buruk yang dilakukan dalam jangka panjang, maka risiko terkena sakit kepala belakang akan semakin meningkat.

3. Mengalami Migrain

Migrain ternyata juga bisa memicu sakit kepala belakang. Bahkan, dalam banyak kasus, kondisi ini bisa menyebabkan gejala mual dan muntah. Seringkali, kondisi ini terkait dengan kebiasaan mengonsumsi makanan dengan kandungan garam atau MSG dalam jumlah yang tinggi. Selain itu, aktivitas fisik dan olahraga berlebihan juga bisa menyebabkan sakit kepala bagian belakang.

4. Sakit Kepala Tipe Tension Headache

Sakit kepala bertipe tension headache biasanya ditandai dengan gejala sakit kepala dengan sensasi nyeri di sekitar kepala. Hanya saja, di bagian belakang kepala akan muncul sensasi nyeri yang sangat kuat. Sensasi ini bisa dialami oleh orang dewasa akibat stres yang berlebihan, dehidrasi atau kurang minum, hingga cahaya yang menyilaukan.

5. Mengalami Peradangan Pada Pembuluh Darah

Salah satu penyebab sakit kepala bagian belakang yang harus diwasapadai adalah peradangan pembuluh darah yang dalam dunia medis disebut sebagai giant cell arteritis. Kondisi ini bisa terjadi pada pembuluh darah yang ada di kepala belakang atau di sekitar mata. Hal inilah yang kemudian menyebabkan munculnya sensasi nyeri dan tidak nyaman.

6. Mengalami Perdarahan di Dalam Otak

Perdarahan yang terjadi di dalam otak atau yang lebih dikenal sebagai perdarahan subarachnoid juga bisa memicu munculnya sakit kepala belakang. Biasanya, sakit kepala yang dipicu oleh kondisi ini akan muncul secara tiba-tiba.

Penyebab perdarahan di dalam otak juga cukup banyak, namun seringkali hal ini dipicu oleh cedera kepala yang harus dicek dengan menggunakan CT-Scan demi mengetahui seberapa parah kondisi ini dan menentukan penanganan medis yang tepat.

7. Neuralgia Oksipital

Neuralgia oksipital juga menjadi salah satu penyebab sakit kepala belakang. Sakit kepala ini bisa terjadi ketika saraf oksipital yang berada di sekitar saraf tulang belakang dari pangkal leher sampai kepala mengalami gangguan.

Pernah mengalami cedera, peradangan, atau saraf terjepit bisa menyebabkan saraf oksipital tertekan atau mengalami iritasi sehingga terjadilah neuralgia oksipital.

Sakit kepala ini sering dikira migrain karena gejalanya yang memang mirip. Namun, rasa nyeri saat neuralgia oksipital terjadi akan menimbulkan sensasi, seperti tersengat listrik yang tajam dan menusuk pada kepala dan leher.

8. Artritis

Penyebab berikutnya dari sakit kepala di bagian belakang adalah artritis atau radang sendi. Biasanya kondisi ini ditandai dengan adanya inflamasi dan pembengkakan pada leher. Akibatnya, kamu akan merasakan sakit yang intens di area tersebut.

Menurut penjelasan laman WebMD, sakit kepala akibat artritis bisa dipicu oleh beberapa hal. Mulai dari peradangan yang terjadi di tulang belakang, pergantian struktur tulang pada leher, hingga inflamasi pembuluh darah.

9. Sakit Kepala Exertional

Penyebab sakit kepala belakang yang pertama yakni sakit kepala exertional. Jenis sakit kepala ini bisa muncul dipicu oleh beragam aktivitas fisik. Dikatakan, rasa nyeri yang dirasakan bisa semakin bertambah parah jika jenis kegiatan yang dilakukan tergolong cukup berat. Mulai dari berlari, mengejan saat buang air besar, batuk hingga berhubungan intim.

Pada umumnya, rasa nyeri akan dirasakan pada bagian belakang kepala. Lebih tepatnya di belakang mata atau di seluruh bagian kepala. Kondisi ini pun biasanya berlangsung hanya sekitar 20 menit.

Biasanya, jenis sakit kepala ini tidak menandakan adanya penyakit serius lainnya. Akan tetapi, sakit kepala exertional mampu menjadi pertanda adanya gangguan pembuluh darah di otak. Meskipun kemungkinannya kecil.

10. Terkait Dengan Tumor

Dalam beberapa kasus, sakit kepala bagian belakang terkait dengan masalah tumor otak yang tidak bisa disepelekan dan harus segera ditangani.

Melihat fakta ini, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi kesehatan jika sering mengalami sakit kepala bagian belakang. Apalagi jika penyebab dari kondisi ini tidak jelas.

Itulah 10 Penyebab Sakit Kepala Di Bagian Belakang. Jika terdapat gejala sakit kepala bagian belakang yang tidak seperti biasanya, silahkan kunjungi dokter terdekat untuk konsultansi terkait masalah tersebut. Semoga bermanfaat ya.

Post a Comment for "10 Penyebab Sakit Kepala Di Bagian Belakang, Jangan Disepelekan"